berbagi fakta dan pengetahuan

Monday, July 2, 2012

Douglas C. Engelbart, Sang Penemu Mouse

Mouse atau tetikus kali pertama oleh Douglas C. Engelbart pada tanggal 9 Desember 1968. Pertama kali diperkenalkan, mouse masih terbuat dari bahan kayu dan hanya memiliki dua alat mekanik berbentuk roda sebagai menanda arah yang masing-masing mengacu pada sumbu X dan sumbu Y. Mouse ini hanya memiliki satu tombol saja pada bagian atasnya, dan masih terlihat sangat primitif. Namun biar demikian, mouse inilah yang telah menciptakan cikal-bakal mouse yang kini kita pergunakan. Tanggal 9 Desember 1968 itu dianggap sebagai hari kelahiran mouse. Douglas mulai mendemokan teknologi mouse tersebut kepada umum tepatnya pada acara Fall Joint Computer Confrence (FJCC) di San Fransisco



Pada 1970, Douglas Engelbart mematenkan temuannya tersebut. Nama mouse sejak itu ditetapkan Engelbart sebagai label alat klik tersebut. Alasannya, kabel yang keluar dari mouse sangat menyerupai ekor tikus. Sebenarnya, nama bug juga pernah dipergunakan, tapi tidak populer digunakan di tahun-tahun selanjutnya. Mouse kemudian semakin berkembang seiring perkembangan zaman. tercatat lebih dari satu biliun mouse yang sudah tersebar di planet ini.

Engelbart lahir di Portland-Oregon, Amerika Serikat pada tanggal 30 Januari 1925. Dia lulus dari Portland's Franklin High School pada tahun 1942. Engelbart menyelesaikan studi S1 di bidang elektro di Oregon State University pada tahun 1948, program master dari UC Barkeley pada tahun 1953 dan Ph.D dari UC Barkeley pada tahun 1955. Selama PD II, Engelbart bergabung dengan angkatan laut AS sebagai teknisi elektronik. Selanjutnya Engelbart bekerja di NASA pada divisi Ames Research Laboratory.

Setelah meraih Ph.D., Engelbart melanjutkan karir sebagai peneliti di Stanford Research Institute, di lembaga inilah Engelbart menjadi pionir dalam pengembangan berbagai komponen komputer, termasuk tetikus (mouse). Pada 1970-1980-an, Engelbart menjadi peneliti senior di Tymshare Inc. Pada 1989, Engelbart mendirikan The Bootstrap Institute, yang menjadi pusat penembangan teknologi jaringan komputer yang berperan dalam kemajuan teknologi intenet.

0 komentar:

Post a Comment

REMEMBER!!!: Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)