berbagi fakta dan pengetahuan

Sunday, July 1, 2012

Provinsi Bengkulu

Pada beberapa waktu yang lalu saya mengatakan kepada teman bahwa saya akan membuat artikel tentang Provinsi Bengkulu, nah untuk memenuhi perkataan saya pada waktu itu pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang Provinsi Bengkulu. Langsung saja ini dia profil, sejarah, budaya, ciri khas dan keistimewaan dari provinsi saya yaitu Provinsi Bengkulu yuk langsung aja ke TKP.


ASAL NAMA
Bengkulu ya nama itu adalah nama yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu dan Kota Bengkulu. Menurut sejarah  Kota Bengkulu sudah ada sebelum Indonesia pertama kali dijajah, kenapa saya sebut begitu? ya karena saya belum tau pasti kapan Kota Bengkulu pertama kali didirikan. Kembali ke Provinsi Bengkulu, kita akan membahas tentang namanya dalu. Bengkulu berasal dari bahasa melayu-jawi yang kalau diartikan perkata: Bang = "Pesisir" sedangkan Kulon = "Barat" jadi kalau digabungkan artinya jadi "Pesisir yang terdapat di Barat (Sumatra).

LETAK
Dalam bahasa Belanda Bengkulu disebut "Benkoelen atau Bengkulen", dalam bahasa Inggris "Bencoolen", sedangkan dari bahasa melayu disebut "Bangkahulu". Selanjutnya kita ke letak geografisnya terdapat di sebelah bagian barat pulau Sumatra, Indonesia. Disebelah utara berbatasan dengan Provinsi Sumatra Utara, disebelah timur berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatra Selatan, disebelah selatan terdapat Provinsi Lambung, dan disebelah barat berbatasan dengan samudra Hindia. Letak astronomis Provinsi Bengkulu adalah 5,4 LS - 2,0 LS dan 100,4 BT - 104,0 BT.




SEJARAH
Menurut sejarah di wilayah Bengkulu pernah terdapat kerajaan-kerajaan yang diantaranya: Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai dan masih banyak lagi. Sejak 1653 didirikan pusat perdagangan lada. Pada tahun1685 Kerajaan Selebar mempersilahkan inggris untuk membangun benteng, yang bernama Benteng York yang didirikan pada tahun 1685. 

Sejak tahun 1713 dibangun benteng Fort Malborough yang selesai pada tahun 1719 yang hingga sekarang masih tetap berdiri. Pada tahun 1824 Bengkulu diserahkan ke Belanda dengan imbalan malaka. Pada tahun 1930, Bengkulu menjadi tempat pengasingan orang pendukung kemerdekaan, termasuk Soekarno. Disinilah Soekarno berkenalan dengan Fatmawati. Setelah Merdeka, Bengkulu menjadi keresidenan Provinsi Sumatra Selatan, barulah pada tanggal 18 November 1968 Bengkulu diangkat menjadi provinsi yang ke 26.

SENI DAN BUDAYA
Berikut ini adalah tarian-tarian Bengkulu berdasarkan wikipedia:
-Tari Tombak Kerbau
-Tari Putri Gading Cempaka
-Tari Pukek
-Tari Andun
-Tari Kejei
-Tari Penyambutan
-Tari Bidadari Meminang Anak
-Tari Topeng

Lagu (ini setahu saya): Lalan Belek

Alat Musik (setahu saya): Dol (ini)>>>>>>>>>>>

CIRI KHAS
Provinsi Bengulu sering disebut sebagai "BUMI RAFLESIA" mengapa disebut begitu??? karena Bengkulu adalah tempat tumbuhnya bunga terbesar di dunia yaitu bunga raflesia arnoldi. Bengkulu juga terkenal dengan memiliki pantai yang panjang yang terdapat di Kota Bengkulu, yaitu Pantai Panjang. Makanan khas di Bengkulu adalah Tempoyak dan Lempuk Durian klik ini



2 komentar:

REMEMBER!!!: Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)